Saturday 28 May 2005

Sinetron Korea

Beberapa minggu belakangan, aku ketagihan nonton sinetron korea. Tadinya sih cuek-cuekan pas ibu nonton sore-sore. Tapi pelan-pelan sambil nemenin nonton aku nyimak juga. Ternyata ceritanya bagus. Yang lebih bagus lagi adalah akting pemerannya. Beda jauh sama akting artis-artis indonesia.


Sinetron indonesia itu.. parah banget deh. Nggak keitung yang jalan ceritanya dipaksain. Aktingnya juga kaku. Belon lagi ide ceritanya yang nggak jauh-jauh dari ‘trend masa kini’. Kalo ada yang bikin sinetron bertema pocong dan laku.. rame-rame dah tuh yang lain ikutan bikin
sinetron pocong. Sekarang ini yang lagi nge-trend adalah reality show dan cerita-cerita mistis.


Sedih.


Sinetron-sinetron mistis bukannya ngedidik pemirsa malah memberikan citra buruk tentang Islam. Padahal Islam itu bukan agama pengusir setan. Juga bukan agama yang cuma bisa nyeritain hal-hal menakutkan ketika orang sudah mati. Apa gunanya orang diceritain azab kubur kalo korupsi tetep jalan maju tak gentar?


Reality show nggak jauh beda. Contoh paling parah adalah reality show ‘uang kaget’. Idenya bagus kok.. ngasih rejeki orang. Tapi apakah ngasih rejeki orang untuk kemudian langsung dibelanjakan bisa dikategorikan mendidik? Pemirsa justru disodorin pemahaman kalo dapet rejeki banyak, langsung diabisin yah. Jangan ditabung! Nabung itu tabu dalam reality show! Karena efek reality-nya nggak keliatan kalo orang dapet rejeki nomplok terus uangnya ditabungin. Masak dari episode ke episode penayangan adegannya hanya orang buka rekening bank? Nggak lucu itu! Nggak menarik sponsor untuk masang iklan!


Reality show emang ujung-ujungnya narik rejeki dari sponsor kok. Nggak perlu mikir panjang-panjang untuk bisa sampe ke kesimpulan seperti ini. Yang makin kaya justru stasiun teve dan rumah produksi. Rakyat jelata mah tetep aja miskin. Kalo emang niat baik mau ngasih rejeki nomplok, kenapa uangnya nggak disumbangin aja tuh ke sekolah atau yayasan pendidikan? Manfaatnya lebih kerasa sama orang banyak ketimbang cuma beberapa gelintir orang yang bisa ngerasain enaknya punya duit berlebih.


Begitulah.. tayangan teve di indonesia ini lebih mementingkan segi komersialnya daripada aspek pendidikannya. Yang penting penyelenggara acara untung, nggak peduli acaranya bikin orang susah.


Jauh beda sama sinetron korea. Sama-sama menghibur, tapi jauh lebih mendidik sinetron korea daripada sinetron indonesia. Cerita jatuh cinta punya sinetron korea mungkin nggak bisa dikatakan ada aspek pendidikannya, tapi paling nggak mereka nggak ngajarin bunuh-bunuhan dan iri hati. Itu jauh lebih bagus daripada isi sinetron indonesia yang bisanya cuma ngajarin iri hati antara mertua dan menantu, antara si cantik rupa (tapi kaya) dan si jelek (tapi miskin).

3 comments:

juwi said...

Tul, Nung. Yang bagus dan mendidik (kalaupun ada) biasanya kurang laku, ditayanginnya pas jam kurang penonton.

juwi said...

Btw, btw, kalo dapet uang kaget trus beli emas batangan yang gede (kan ga bisa beli banyak), trus sisanya dituker sama uang dollar, boleh dong? Gue juga pernah denger ada yang beli motor, uang sisa dibalikin. Motornya dipake buat ngojek. Pinter-pinter orangnya lah. Hehehe..OOT.

Anung said...

Betul juga. Emang tergantung orang yang nerima rejeki nomplok sebenernya, pinter nggak dia ngelola uang. Unfortunately, sebagian besar masyarakat Indonesia nggak pinter ngelola uang. Buktinya pemerintahnya masih nggak pinter ngelola uang (masih punya utang ke negara luar) B-)