Sunday 5 June 2005

\trefik jem\ II

Warga jakarta emang ajaib. Orang-orang yang kerjanya di pusat kota jakarta sebagian besar nggak tinggal di jakarta. Mereka pulang pergi dari rumah mereka ke jakarta. Rumah tempat tinggal mereka kebanyakan besar di pinggiran jakarta. Bekasi, bogor, depok, tangerang, parung, sukabumi.

Coba dipikir pelan-pelan. Mereka berangkat dari rumah pagi-pagi buta (kasian anak-anak mereka nggak pernah salam sungkem sama orang tua mereka kalo mereka berangkat sekolah). Sampe jakarta ketemu dengan sesama teman pekerja dari sekeliling pinggiran jakarta. Saking banyaknya teman pekerja, jalanan pun jadi macet.

Sampe kantor paling cepet jam 8.

Fenomena sekarang sampe kantor jam 8 itu udah prestasi. Makin lama makin sering sampe kantor lebih siang daripada minggu-minggu sebelumnya.

Jam 12.. pergi ke luar kantor makan siang. Itu pun sekali lagi dilakukan secara massal. Jalanan pun jadi macet lagi. Akibatnya untuk makan siang aja paling nggak butuh waktu satu jam. Mungkin bisa sampe dua jam. Sampe kantor udah capek karena berpanas-panasan di luar (iklim jakarta itu kejam bo’!)

Jam 4 sore.. udah siap-siap mau pulang..

Terus.. kalo dipikir-pikir.. jam kerja orang-orang itu seharinya efektif berapa jam ya?

No comments: