Thursday 31 January 2019

Maha Sayang-Nya Allah, Allah Maha Penyayang

Alhamdulillah. Allah masih kasih umur. In sya Allah untuk merampungkan urusan yang belum selesai. Semampunya dijalani, mohon ampun sama Allah kalo akhirnya nggak bisa terselesaikan semua. Akhirnya mau nggak mau mengakui kalo kapasitas diri emang terbatas. Mau bagaimana pun akhirnya nggak bisa sombong. Harus ngaku, rela atau nggak rela, bahwa Allah itu Maha Suci, Maha Sempurna, Maha Berkuasa, Maha Hidup dan Maha Menghidupkan. Kita hanya manusia biasa, nggak ada apa-apanya, kalo Allah nggak kasih kesempatan hidup. Bisa bangun pagi hari ini karena Allah masih kasih kesempatan. Bisa melakukan aktifitas sepanjang hari ini, karena Allah kasih ijin.



Maka kalo kita nggak sampe nyempetin sholat, malu rasanya. Udah dikasih fasilitas waktu dan kesempatan hidup, nggak mau terima kasih, kebangetan rasanya. Sekedar bilang "Alhamdulillah" sebagai pengganti sholat, mungkin bisa aja. Tapi kok ya fasilitas segini banyak, ungkapan syukurnya hanya segitu. Malu rasanya.

Kadang ngebentak orang, nyela orang, ngegosipin orang, ngerasain orang, Allah masih aja kasih fasilitas. Masih dikasih kesempatan bisa makan, bisa minum. Malah kadang minuman dan makanannya dibeli dengan harga yang lebih mahal. Kesempatan hidup dipake untuk sibuk nyari kekurangan orang lain, bukannya dipake untuk sibuk memperbaiki kekurangan diri sendiri, cuma bilang, "Terima kasih ya Allah, udah dikasih hidup". Allah masih kasih fasilitas, terus bersyukur cuma dengan bilang "Alhamdulillah". Malu-maluin beneran.

Bersyukur bukan sekedar bilang "Terima kasih". Dan kalimat Hamdalah bukan sekedar ucapan terima kasih. Dikasih pinjeman motor mahal sama orang, kita pake kebut-kebutan, nabrak sana-sini, gores di mana-mana, penyok, terus dikembaliin sambil bilang, "Terima kasih ya pinjemannya". Terus berharap besok masih dikasih motor pinjeman. Urusan bengkel biar diurus sama yang punya motor. Kebangetan rasanya.

Atau kalo dibalik, kita punya barang kesukaan. Terus kita kasih orang lain untuk mereka pake. Sehari aja. BTW ini barang kesukaan favorit. Nggak sembarang orang bisa kita percaya untuk dikasih pinjem. Sehari aja kita kasih pinjem ke orang lain. Terus mereka pake seenaknya aja. Nggak dirawat. Dikembaliin kondisinya udah rusak. Baret sana-sini. Copot nggak jelas ada bagian yang ilang ke mana. Mau beli lagi mahal ongkosnya. Terus mereka ngembaliin sambil bilang, "Terima kasih ya". Abis itu pake nambah, "Minggu depan saya boleh kan pinjem lagi?"

Kalo ada orang yang rela kasih pinjem lagi, manusia hebat itu berarti. Kalo ada manusia yang nggak marah sama orang yang dikasih pinjeman, hebat rasa sayangnya.

Padahal Allah terus aja kasih fasilitas hidup setiap hari, sekalipun kita masih enak-enakan nggak mikir siapa yang kasih hidup. Kadang nggak inget kita ngerjain dosa, Allah masih kasih kesempatan bangun besok paginya. Sesekali baru inget, terus bilang "Alhamdulillah", dan Allah masih aja terus ngalirin berbagai fasilitas hidup.

No comments: