Tuesday 1 January 2019

Selamat Tahun Baru, Selamat Hari Baru

Pagi ini sesungguhnya tidak ada sesuatu yang berbeda daripada pagi-pagi hari yang telah kita lewati. Kebanyakan orang menjadikannya beda, semata-mata karena sistem penomoran hari. Angka tanggal berganti, angka bulan berganti, sekaligus angka tahun juga berganti. Sekedar penomoran sederhana. Tidak akan ada bedanya seandainya sistem kalender yang digunakan menggunakan nomor urut 1 hingga 365. Atau hingga 366 jika tahun Kabisat. Tidak ada definisi bulan. Hanya ada definisi nomor hari dan angka tahun. Akan menjadi istimewa ketika nomor hari 365 berganti jadi 1. Dan itu akan menjadi perayaan besar di mana-mana.



Besok, lusa, pekan, depan, bulan depan, sejatinya adalah perjalanan waktu. Setiap hari berganti, setiap pagi datang, setiap kita bangun, sesungguhnya kita menjalani kehidupan. Menjalani kesempatan hidup yang Tuhan berikan. Setiap pagi kita bangun, sesungguhnya itu berarti Tuhan memberikan kita satu hari kesempatan yang baru. Hari apa pun itu, di bulan apa pun, di tahun kapan pun, selagi Tuhan masih memberikan kesempatan untuk bangun di waktu pagi, artinya di sana ada kesempatan untuk digunakan.

Kesempatan untuk berbuat baik. Atau sekedar menjalani hidup apa adanya. Kesempatan untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Atau sekedar bersenang-senang menjalani hidup.

Semuanya kembali kepada pilihan masing-masing. Kenangan seperti apa yang akan kita tinggalkan bagi keluarga dan lingkungan kita. Kenangan biasa-biasa saja. Atau kenangan tentang manfaat yang telah kita berikan selagi Tuhan masih memberi kesempatan.

Ketika nanti datang waktunya Tuhan tidak lagi memberikan kesempatan bagi kita untuk bangun pagi di hari yang baru, kita sudah melakukan banyak hal. Itu jika kita memutuskan untuk mulai mengisi kesempatan satu hari ini dengan berbuat baik. Jika kita memilih untuk mengisi kesempatan umur hari ini dengan pilihan yang biasa saja, maka kita akan jadi orang biasa.

Pilihan untuk bersyukur kepada Tuhan, bahwa pagi ini kita masih diberi kesempatan masih bisa bangun, menjadi pintu untuk mengisi sisa hari ini untuk berbuat baik. Bukan perbuatan baik yang biasa saja, tapi perbuatan baik yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita.

Selamat Tahun Baru
Selamat Bulan Baru
Selamat Hari Baru

No comments: