Tuesday 20 November 2007

Istirahat Otak

Apa yang kulakukan ketika aku punya waktu luang?

Kenapa aku bertanya pada diriku sendiri?

Apakah aku ini manusia biasa? Apakah aku ini orang yang selalu berpikir dan berpikir, tidak pernah beristirahat agar bisa segar kembali? Apa yang sudah kulakukan selama ini?

Ayahku pernah bercerita tentang seseorang yang ingin maju. Orang ini ingin maju dengan cara yang salah. Dia selalu belajar dari waktu ke waktu. Setiap kali ada kesempatan dia belajar mencari ilmu baru. Kesalahan yang dia lakukan adalah dia tidak pernah beristirahat. Otaknya dibiarkan selalu bekerja, menerima hal-hal baru setiap waktu. Makin lama yang terjadi bukannya makin pintar orang ini. Dia justru semakin lama semakin sulit menyerap ilmu-ilmu baru. Makin lama dia justru semakin bodoh, karena tidak pernah mengistirahatkan otaknya.

Memang benar pisau yang selalu diasah akan selalu tajam. Otak yang selalu diasah dengan ilmu-ilmu baru akan selalu tajam dalam berpikir. Tapi tunggu dulu..! Apakah memang benar mengasah pikiran agar selalu tajam berpikir caranya menerima ilmu baru??

Setiap makhluk membutuhkan istirahat. Termasuk otak. Juga pikiran. Dan Jiwa. Istirahat penting dan perlu karena dengan istirahat itu segala yang lelah akan disegarkan kembali. Segala yang rusak akan diperbaiki. Sehingga ketika waktu istirahat sudah usai, pikiran kembali segar dengan semangat baru, tenaga baru, dan pemikiran-pemikiran baru.

4 comments:

juwi said...

Kok gue udah dua kali mo komen nggak berhasil-berhasil, ya, di tempat elu? Testing deh, yang ini berhasil pa nggak:

Iya Nung, istirahaaat, istirahat. BTW, CD instalasi scanner driver elu itu warna dan bentuk tempatnya kayak apa, ya? Gue nyari-nyari nggak ketemu-ketemu, nih..padahal gue mo kembaliin ke elu nih, scanner dan drivernya ini :(.

Anung said...

Rasanya sih seinget gue di bungkus kertas putih biasa Juw. Kaya amplop gitu.

Foto-fotonya udah digital semua nih sekarang? Kameranya?

*jadi penasaran* he he

Simply Baby said...

betul!
istirahat otak itu perlu.. refreshing lah :P
met nyari cd scanner buat juwi!

juwi said...

Iya Nung, kameranya sekarang udah digital :p. Tapi foto-fotonya belum semua digital. Capeeee juga euy, nge-scannya :D.