Tuesday 24 July 2012

Godaan Ramadhan (3)

Godaan di bulan Ramadhan yang juga harus dilawan adalah keinginan untuk membeli banyak barang di saat perut sedang lapar.

Sebuah penelitian psikologi sudah membuktikan bahwa ketika kita sedang lapar, kita cenderung untuk membeli barang belanjaan, terutama makanan, secara berlebih.
Keadaan lapar 'membohongi' otak kita untuk mendapatkan makanan, berapa pun harganya.
Di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, juga dalam bulan-bulan Ramadhan yang telah lewat, coba ingat baik-baik kondisi yang terjadi di rumah kita masing-masing. Coba jawab secara jujur apa yang terjadi setelah kita berbuka puasa?

Berapa banyak makanan yang tersisa tak sempat dimakan?

Berapa banyak hidangan yang kelihatannya enak siang hari sebelumnya, dan begitu menggoda untuk kita beli, tapi teronggok di malam menjelang sholat Tarawih?

Dan lihat bagaimana sikap kita terhadap makanan berlebih itu? Akankah kita makan pada pagi hari berikutnya di saat kita makan sahur? Kemungkinan kecil, karena wujudnya sudah berubah. Rasanya sudah tak sama lagi seperti ketika dihidangkan panas-panas.

Menjelang akhir bulan Ramadhan, situasi yang mungkin lebih parah tapi masih banyak dilakukan kebanyakan orang adalah berbelanja barang-barang. Pakaian terutama.

Bagaimana mengatasi kenyataan seperti ini, agar kita tak berbelanja berlebihan? Rasanya jawabannya cukup sederhana dan mudah. Berbelanjalah ke pasar sepagi mungkin, di saat perut masih berisi sisa makanan sahur dini hari tadi.

No comments: