Thursday 4 August 2005

Tjerdas Tangkas dan Bahasaku

Jaman gue SD dulu, salah dua mata pelajaran yang paling gue suka adalah Matematika dan Bahasa Indonesia. Di samping kedua mata pelajaran ini, mata pelajaran lain yang gue suka adalah IPA dan Agama Islam.

Kalo udah masuk jam pelajaran IPA, asik banget ngedengerin Pak Guru atau Bu Guru cerita tentang konsep-konsep Pengetahuan Alam. Kalo jamnya pelajaran Agama, gue keasikan dengerin cerita Nabi-nabi dan kisah-kisah Rasul-rasul jaman dulu.

Kalo pelajaran bahasa Indonesia, sebenernya tergantung dari buku yang dipake sih. Dulu waktu gue SD, pelajaran bahasa Indonesia sempet pake beberapa paket buku. Waktu di kelas 4 gue agak males belajar bahasa, karena wali kelasnya ngotot pake buku yang lain. Mbingungin deh kalo pake buku selain paket buku Bahasaku.

Gue suka aja kalo belajar pake buku Bahasaku. Banyak ceritanya! Udah gitu satu paket buku biasanya ada buku pengiring. Jadi selain buku utama yang dipake buat belajar (isinya pertanyaan dan pengenalan konsep bahasa), ada juga buku pengiring. Buku pengiring ini seluruh buku isinya cerita semua! Betah deh bacanya.

Nah kalo jam pelajaran matematika, gue suka karena ada soal cerita. "Amir bermain kelereng dengan temannya. Sebelum mulai bermain, Amir memiliki 20 kelereng. Setelah bermain dengan Hasan, Amir memiliki 11 kelereng. Berapa kelerengkah kekalahan Amir?". Pertanyaan-pertanyaan dengan soal cerita kayak begini bisa ditemuin di buku Cerdas Tangkas. Gue juga suka gambar-gambar yang ada di buku itu. Suasana pedesaan banget! Jaman sekarang gue idup di Jakarta sumpek banget rasanya ngeliat gedung di setiap pojokan jalan. Belon lagi kemacetan di mana-mana.

Masih inget gue, di buku Cerdas Tangkas ada ilustrasi yang menggambarkan jaman dulu orang dari desa ke kota naik otobis.

Enak gitu lho.. konsep pengurangan langsung dikenalin buat dipake dalam kehidupan sehari-hari. Jadi gampang nyantolnya.

Udah gitu.. buku-buku yang gue pake itu kebanyakan lungsuran dari kakak gue. Padahal kakak gue terpaut 6 tahun di atas gue, bukunya masih bisa gue pake buat belajar di SD. Jaman sekarang mana bisa begitu. Ganti menteri ganti buku bo'. Masih mending kalo nggak dipaksain, jaman sekarang buku harus beli, kalo nggak beli itu buku baru mana bisa dapet nilai bagus di rapor. Susah deh pendidikan di Indonesia jaman sekarang.

Gue pikir sistem pendidikan dasar di Indonesia saat ini justru ngajarin anak-anak untuk beli nilai dengan uang. "Kalo punya uang, lu bisa beli buku buat pelajaran di sekolah. Kalo lu punya buku, lu bisa dapet nilai bagus." (Jadi kalo mau dapet nilai bagus, lu musti punya uang).

Mau dibawa ke mana Indonesia 10 tahun lagi ya?

1 comment:

juwi said...

Jadi inget iklan susu atau apa gitu ya, di tivi (yang anak kecil nanya ke ibunya tentang masa depan Indonesia).
Ke mana Indonesia 10 tahun lagi? Ke mana langkah kaki akan membawamu. Sedikit banyak, kita punya pengaruh sih, menurut gue.