Sunday 10 February 2013

Menghafal Quran Kata per Kata

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah menghafal Alquran. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghafal makna setiap kata yang menyusun ayat-ayat Alquran yang kita hafalkan. Beberapa penerbit di Indonesia sudah ada yang meluncurkan Alquran edisi Terjemah per Kata.

Bagi pengguna perangkat BlackBerry, atau pengguna komputer, terjemah kata ayat Alquran juga dapat diakses melalui situs Corpus Quran.

Situs Corpus Quran dibuat oleh seorang keturunan Arab Saudi bernama Kais Dukes. Saat ini Kais Dukes sedang menyelesaikan studi Doktoralnya di Universitas Leeds di Inggris, dan situs ini dia bangun sebagai bagian dari penelitian doktoralnya tentang naskah Alquran.

Karena dibuat di Inggris, tentu saja terjemahan kata yang ditampilkan menggunakan bahasa Inggris, bukan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi rasanya ini bukanlah halangan besar. Justru kita dapat memanfaatkannya untuk sekaligus belajar bahasa Inggris sambil belajar menghafal ayat-ayat Alquran.

Mengakses Corpus Quran

Untuk membuka laman yang menampilkan terjemahan ayat per kata, gunakan peramban (browser) bawaan dalam perangkat BlackBerry anda. Masukkan alamat situs

http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp

Agar tampilan dalam perangkat BlackBerry lebih mudah dibaca, anda dapat mengaktifkan mode tampilan kolom (Column View) melalui menu BlackBerry yang disediakan, seperti dalam gambar berikut ini.



Mengakses ayat pada surat tertentu

Untuk mulai mencari ayat pada surat tertentu dalam Alquran, anda dapat memilih nama dan nomor surat, dan kemudian memilih nomor ayat yang sesuai, menggunakan combo box yang disediakan.

Jika anda hafal nomor surat yang ingin anda hafalkan, beserta dengan nomor ayatnya, ada cara yang lebih singkat untuk melakukannya. Ketikkan tautan URL dengan pola seperti ini:

http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp?chapter=2&verse=15

Perhatikan angka yang dicetak tebal. Gantilah angka di belakang "chapter=" dengan nomor surat yang anda inginkan, demikian juga angka nomor ayat di belakang "verse=". Contoh tautan di atas akan menampilkan ayat kelima belas dari surat Al-baqarah.

Menghafal dan Belajar Gramatika Arab

Berikut ini adalah salah satu contoh tampilan sebagian ayat Alquran dari surat An-naba' ayat pertama. Jika anda menggunakan pola tautan seperti ditunjukkan sebelumnya, anda dapat menampilkan contoh tampilan dalam gambar di bawah ini dengan mengetikkan tautan ke dalam perangkat BlackBerry:

http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp?chapter=78&verse=1

Surat An-naba' adalah surat ke-78 di dalam Alquran.


Perhatikan bagaimana situs Corpus Quran menampilkan arti dari kata "Amma", demikian juga arti dari kata "yatasaa aluuna"


Di samping dapat digunakan untuk memudahkan kita menghafal, kita juga dapat memanfaatkan informasi dari situs ini untuk sedikit-sedikit belajar tata bahasa Alquran. Pada contoh tampilan yang ditunjukkan, disajikan bagian-bagian kata "Amma" yang terdiri atas Preposition (warna merah) dan Interogative Noun (warna merah muda).

No comments: