Friday 17 April 2009

Gaya Gravitasi

Dalam bidang astrofisika, diketahui kalau dimensi waktu itu terbentuk akibat dari adanya medan gravitasi. Saya lupa kapan dan di mana aku pernah baca tentang hal ini. Mungkin nanti saya akan tambahkan referensi tentang hal ini, dan sedikit pembahasan tentangnya.

Walau begitu ada satu hal menarik dari hubungan antara dimensi waktu dan medan gravitasi ini.

Siapa pun, apa pun, yang ada di alam ini pasti berada dalam medan gravitasi. Dan medan gravitasi yang tak mungkin terelakkan oleh siapa pun adalah apa yang sehari-hari kita sebut dengan kematian. Ketika berbicara tentang mati, secara tak langsung kita juga berbicara tentang waktu. Umur kita dibatasi oleh waktu.

Ilmu astrofisika masih belum bisa menjawab ada apa di balik blackhole. Bisa jadi kematian alam semesta berada di balik blackhole itu.

Ketika saya selesai menulis artikel ini, saya sudah semakin dekat ke arah kematian. Begitu pula anda ketika selesai membaca artikel ini. Tak ada yang bisa menjauh dari medan gravitasi kematian.

No comments: