Monday 16 January 2006

Perubahan Beban

Buat para pemirsa, mohon maaf kalau selama hampir dua bulan ini tidak ada postingan blog (ciehh.. kayak gue udah yakin aja ini blog banyak pembacanya).

Event tahun baru nggak ada blog. Event Idul Adha juga nggak ada blog.

Sebentar lagi Imlek sama Muharram. InsyaAllah ada blogs baru.

Sementara ini, saya posting satu topik dulu (setidaknya buat mengobati rasa penasaran temen gue si Juwi yang udah nanya kok nggak ada blog baru selama ini)

Here it is...

Kata orang, beban 1 kilogram yang sama nggak akan berubah jika kita angkat pake tangan selama 1 hari dari pagi sampe sore. Bebannya nggak nambah, nggak berkurang. Yang berubah justru tangan kita yang dipake buat ngangkat itu beban. Makin lama makin capek (Silakan coba kalo masih nggak percaya juga, atau kalau anda suka melakukan eksperimen kecil-kecilan).

Hal yang sama juga berlaku kalau bebannya bukan berbentuk fisik. Misalnya beban pikiran. Biar gampang ngebayanginnya, saya ambil satu contoh: Kapan pindah kerja? Suasana kerja di kantor udah nggak nyaman lagi. Tapi mau pindah kerja kesempatan belum ada.

Kalo beban itu dipikirin 1 hari, mungkin masih nggak apa-apa. Satu minggu juga mungkin masih baik-baik aja. Tapi kalo solusinya (baca: kesempetan pindah) nggak dapet-dapet juga, dan kita masih mikirin, otak kita mulai capek dong ah.

Kembali ke contoh soal beban 1 kg. Gimana caranya supaya tangan kita nggak capek? Kalo udah capek ya istirahat. Lepasin dulu itu beban. Taruh di lantai atau di atas meja. Abis itu kita istirahat dulu. Minum biar badan seger. Kalo perlu minum susu biar tangan kita besok pagi kuat lagi ngangkat beban.

Alternatif lain: Biar tangan kita nggak capek, berbagilah. Minta bantuan temen deket buat mbantu kita ngangkat beban. InsyaAllah tangan kita nggak secapek kalo kita ngangkat beban itu sendiri.

Kembali lagi ke contoh soal Pindah Kerja. Kalo kesempetan pindah kerja belum dapet, sementara suasana di kantor makin ndak nyaman, istirahat dulu lah. Take it easy aja. Tapi ya jangan terlalu pasrah dong ah. Dipikirkan pelan-pelan. Kalo mau ambil solusi mengistirahatkan otak, rajin-rajinlah berdoa. Perlahan-lahan pikirkan solusi apa yang bisa diambil.

Kalo mau ambil solusi alternatif, bicarakanlah masalah Pindah Kerja itu dengan temen deket. Siapa tau si temen deket punya adek / kakak / temen / tetangga yang lagi buka lowongan kerja di tempat lain.

Sampe di sini, ada hal yang menarik: Siapa bilang chatting itu nggak produktif? Dengan chatting, kita memperbanyak teman. Banyak teman, besar pula kemungkinan kita bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan jawaban masalah kita (sekian kepala yang berfikir lebih baik daripada 1 kepala). Emang sih, sekilas chatting itu mengurangi waktu kerja di kantor. Tapi kan dengan chatting, beban emosional karyawan justru berkurang. Makin produktif lah karyawan karenanya.

Jadi, jangan berburuk sangka dulu deh sama orang yang rajin pake fasilitas kantor buat chatting.

BTW, gue juga mau cari profesi baru neh. Buat nambah2 penghasilan, lebih bagus kalo jadi penghasilan sampingan yang utama (pengennya pekerjaan kantor malah gue jadiin penghasilan sekunder he he). Kalo ada yang punya info kasih komentar di sini yah :D

BTW 2: mohon maaf buat para penggila bahasa Indonesia yang baik dan benar, di artikel ini gue makin banyak aja pake kata-kata yang ndak baku. Mohon maap.. bukannya gue nggak menghormati bahasa negeri sendiri.. tapi maap.. yang penting nyambung bo'!

1 comment:

juwi said...

Huehehe..akhirnya kau menulis lagi dong ah (gue liat elu beberapa kali pakai 'dong, ah' di tulisan ini :p). Beneran, Nung, distribusi beban emang mbantu. Gue berasa waktu mau mutusin resign. Kayaknya gue curhat ke semua orang yang gue temui untuk membuatnya terasa lebih ringan.