Saturday 8 May 2010

Kualitas Layanan Internet

Kalo ngelihat posting-posting di berbagai milis dan blog, banyak yang mengeluhkan buruknya infrastruktur internet di Indonesia. Secara umum banyak yang bertanya, "Kapan ya, internet Indonesia bisa cepet dan murah bagi semua orang?"

Menurut saya, jawabannya begini: "Sampe semua orang mau melakukan sesuatu buat Indonesia, sekecil apapun. Bukan cuma meminta sesuatu terus dari pemerintah."

Bukannya saya pro atau kontra sama pemerintah Indonesia. Netral aja. Kalo ada yang bagus dari kebijakan pemerintah, saya bangga jadi warga negara Indonesia. Kalo ada yang buruk, saya coba kasih kritik melalui berbagai cara, termasuk blog ini.

Demikian juga dengan sesama warga Indonesia. Nggak semuanya kok apa yang diminta sama orang Indonesia itu jelek, pada dasarnya emang hak dasar warga negara untuk bisa menikmati pendidikan dan layanan kesehatan yang memadai misalnya. Tapi, coba sekali-kali dipikirkan, apa yang sudah kita lakukan untuk membuat diri kita sendiri sehat misalnya?

Sebagai contoh, apakah kebiasaan bangun siang masih terus dipelihara? Apa kebiasaan mencuci tangan sebelum makan sudah menjadi "kebutuhan"? Tanpa disuruh cuci tangan dulu sebelum makan. Seolah "ada yang kurang" kalo nggak cuci tangan dulu sebelum makan.

Banyak contoh lain yang bisa diceritakan.

Intinya, kita bisa buat merah putih terus berkibar, kalo kita mulai sesuatu yang kecil dari diri kita sendiri.

No comments: