Saturday 22 May 2010

Kecil dan Besarnya Pekerjaan

Jangan pernah mengharapkan pekerjaan yang besar karena pekerjaan yang besar jarang datangnya. Mulailah dari pekerjaan yang kecil secara konsisten dan hasilnya akan jadi besar. -Mario Teguh

Saturday 8 May 2010

Kualitas Layanan Internet

Kalo ngelihat posting-posting di berbagai milis dan blog, banyak yang mengeluhkan buruknya infrastruktur internet di Indonesia. Secara umum banyak yang bertanya, "Kapan ya, internet Indonesia bisa cepet dan murah bagi semua orang?"

Menurut saya, jawabannya begini: "Sampe semua orang mau melakukan sesuatu buat Indonesia, sekecil apapun. Bukan cuma meminta sesuatu terus dari pemerintah."

Bukannya saya pro atau kontra sama pemerintah Indonesia. Netral aja. Kalo ada yang bagus dari kebijakan pemerintah, saya bangga jadi warga negara Indonesia. Kalo ada yang buruk, saya coba kasih kritik melalui berbagai cara, termasuk blog ini.

Demikian juga dengan sesama warga Indonesia. Nggak semuanya kok apa yang diminta sama orang Indonesia itu jelek, pada dasarnya emang hak dasar warga negara untuk bisa menikmati pendidikan dan layanan kesehatan yang memadai misalnya. Tapi, coba sekali-kali dipikirkan, apa yang sudah kita lakukan untuk membuat diri kita sendiri sehat misalnya?

Sebagai contoh, apakah kebiasaan bangun siang masih terus dipelihara? Apa kebiasaan mencuci tangan sebelum makan sudah menjadi "kebutuhan"? Tanpa disuruh cuci tangan dulu sebelum makan. Seolah "ada yang kurang" kalo nggak cuci tangan dulu sebelum makan.

Banyak contoh lain yang bisa diceritakan.

Intinya, kita bisa buat merah putih terus berkibar, kalo kita mulai sesuatu yang kecil dari diri kita sendiri.

Friday 7 May 2010

Electronic Statement Citibank

Sebagai pelanggan Citibank, saya merasa sangat kecewa terhadap pelayanan customer service Citibank.

Ceritanya begini. Bulan Desember 2009, saya ditelpon oleh petugas Citibank, memberitahukan bahwa efektif mulai bulan Januari 2010, lembar tagihan yang biasanya dikirimkan lewat pos, akan dikirimkan lewat e-mail. Untuk konfirmasi, petugas yang bersangkutan meminta ulang alamat e-mail saya, yang sebelumnya sudah pernah beberapa kali juga diminta.

Bulan Januari 2010, saya terima dengan baik e-mail dari Citibank, berisi lampiran berkas Electronic Statement dalam format PDF. Hebatnya lagi, demi keamanan, berkas PDF ini diproteksi dengan kata sandi. Satu fasilitas yang membuat saya merasa nyaman sebagai nasabah.

Bulan Februari dan Maret 2010, saya masih menerima e-mail yang sama setiap awal bulan. Tidak ada masalah.

Mulai bulan April 2010, saya terima e-mail lembar tagihan, atau Electronic Statement, akan tetapi sayangnya dengan password yang sama seperti yang saya gunakan sebelumnya, lampiran berkas PDF tidak bisa saya buka. Saya mengirimkan e-mail balasan kepada customer service Citibank Indonesia. Sampai hari ini per tanggal 7 Mei 2010 tidak mendapatkan jawaban apa pun! Seolah Citibank tidak mau ambil pusing dengan masalah yang dihadapi oleh nasabahnya. Memalukan sekali!

Saya sudah coba mereset password lewat portal citibank.co.id. Sayangnya, saya pun tidak berhasil login ke portal tersebut sama sekali, padahal semua credential yang diperlukan sudah saya berikan.

Saya sulit memahami apa sebetulnya yang diinginkan oleh Citibank Indonesia dari saya. Saya sebagai nasabah hanya ingin melakukan pembayaran tagihan, tapi saya sendiri sampai sekarang tidak tahu berapa persisnya jumlah uang yang harus saya bayarkan karena masalah ini. Apa karena memang sebetulnya Citibank Indonesia sengaja memperlakukan saya seperti ini agar saya membayar bunga tagihan yang berlipat-lipat ya?

 On 2010-05-06, Citibank Indonesia <idesmail@citigroup.com> wrote:
Yang Terhormat ANUNG BARLIANTO ARIWIBOWO,

Terlampir adalah Electronic Statement Citibank Telkomsel Card Anda.
Silakan gunakan password Electronic Statement Anda untuk membukanya.

Jika Anda belum merubahnya, password standar Electronic Statement ini adalah...

Untuk merubah password atau melihat arsip Electronic Statement untuk 12 bulan terakhir, Anda bisa mengunjungi Citibank Online di citibank.co.id.


Terima Kasih,


Citibank, N.A.
--------------------------------------------------------------------
Kami sangat menghargai masukan dan saran Anda untuk meningkatkan layanan dan produk kami.
Untuk memberikan masukan, silakan hubungi CitiPhone(R) Banking 24 Jam kami di 69999 langsung dari ponsel Anda atau kunjungi Citibank Online di citibank.co.id.

Citibank, N.A.--------------------------------------------------------------------
We welcome any feedback or suggestions to improve our product and services.
If you have any feedback, please contact our 24-Hour CitiPhone Banking at 69999 from your mobile phone visit Citibank Online at citibank.co.id.